Kamis, 29 Agustus 2024

Cerita Nyai Dasima - G. Francis




Isi 68 halaman Kertas Bookpaper 72 gram 

Cetakan I, 2024

Genre: Sastra

Ukuran 13 cm x 20 cm

Harga 50.000


Di satu sore Nyai Dasima datang kepada tuannya dan lantas berkata: “Tuan jangan gusar, saya ada ingatan buat kerjakan agama Islam, memang saya punya agama itu. Saya ikut sama Tuan sudah begini punya lama, tiada kawin, jadi berzina.  Besok lusa kalau Tuan kawin dengan Tuan punya bangsa atau Tuan pulang ke Tuan punya negeri, jadi saya telantar, tiada urus saya punya badan dan saya punya jiwa. Maka itu Tuan kasih atau Tuan tiada kasih, saya minta lepas dari Tuan. Tetapi sebab saya sudah lama ikut sama Tuan tiada kurang satu apa, dan itu barang-barang saya, serta itu uang yang Tuan sudah kasih sama saya, saya mau bawa. Dari itu anak Tuan punya suka, Tuan mau ambil boleh. Tuan mau kasih sama saya lebih baik sekali, sebab saya punya anak.”

Saya, KRI Dewaruci, & Jalur Rempah - Sebuah Catatan Perjalanan Yudhi Herwibowo



Isi 184  halaman Kertas Bookpaper 72 gram - 8 halaman Fullcolor

Cetakan I, 2024

Genre: Nonfiksi

Ukuran 13 cm x 20 cm

Harga 75.000


Dari Dumai...

Menuju Sabang... Banda Aceh....

Melanjutkan ke Malaka, Malaysia

Lalu ke Tanjung Uban....


Ini adalah catatan perjalanan saya mengikuti Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024.

Rabu, 14 Agustus 2024

Teori dan Praktik Analisis Wacana - Sumarlam

 


Penulis Sumarlam

Isi 232  halaman Kertas HVS 70 gram

Cetakan I, 2024

Genre: Nonfiksi

Ukuran 14 cm x 20,5 cm

Harga 75.000

Buku Teori dan Praktik Analisis Wacana ini disusun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan dosen yang menggeluti bidang bahasa dan sastra (Indonesia, Daerah, Inggris, dsb.) di Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, atau Akademi dalam memahami konsep dasar teori analisis wacana dan praktik analisis wacana.

Pada bagian pertama dikemukakan sepuluh fungsi bahasa, dua puluh tiga definisi atau pengertian wacana dan analisis wacana, lima macam klasifikasi wacana, empat aspek gramatikal dan enam aspek leksikal yang membangun kepaduan wacana, serta konteks dan inferensi wacana melalui penafsiran personal, temporal, lokasional, dan prinsip analogi yang mendasari pemahaman makna wacana, serta dilengkapi dengan contoh-contoh.

Praktik analisis wacana dengan berbagai pendekatan dan beragam objek kajian disajikan secara gamblang pada bagian kedua buku ini. Pada bagian ini pula ditampilkan tujuh contoh analisis wacana: Tanggapan terhadap Berita Lelayu Melalui SMS, Lirik Lagu, Karya Sastra (Puisi), Siaran Berita di Televisi, Kampanye Pemilu, Wacana Akad Nikah, serta Pemahaman Teks dan Konteks terhadap Peribahasa dan Karakter Manusia.

Buku ini di samping sangat berguna bagi mahasiswa dan dosen, juga penting dibaca dan dipahami guna memperluas cakrawala bagi para guru bahasa dan para insan media massa, seperti wartawan, editor bahasa, penyiar, dan reporter, serta bagi siapa pun yang berkecimpung dalam bidang bahasa dan sastra.